ICT Carnival ke-3 Usung Tema “New ICT, New Game”

ict-carnival-huawei

JAKARTA (IndoTelko) – Kembali Huawei menggelar Indonesia ICT Carnival. Event kali ketiga ini mengambil tema “New ICT, New Games” yang dihadiri oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah DKI Jakarta, Komite Olimpiade Indonesia, dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia).

Dalam acara ini dibahas mengenai peluang-peluang dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia untuk menciptakan pengalaman digital terbaik pada acara-acara olahraga yang akan datang serta memberikan motivasi terhadap industri TIK dan pemerintah untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah lokal maupun para mitra untuk mempercepat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Tanah Air.

Acara yang digelar selama 2 hari sejak kemarin (24/8) diikuti oleh 50 perusahaan-perusahaan lokal maupun global yang bergerak di industri teknologi informasi dan komunikasi serta perwakilan pemerintah guna berbagi pengetahuan mendalam mengenai mobile broadband, ultra broadband, digital TV, mobile video, safe city, cloud computing, dan big data.

Hudson Liu, CEO, Huawei Indonesia menegaskan komitmen perusahaan untuk tetap memberikan dukungan terhadap pengembangan infrastruktur TIK pita lebar di Indonesia dengan memberikan bantuan untuk memudahkan transformasi pengalaman pelanggan dan meningkatkan infrastruktur TIK tanah air melalui kerja sama dengan mitra lokal dan pemerintah untuk mengelola kesiapan masyarakat maupun kota sebagai tuan rumah acara olahraga berskala besar. “Huawei menyadari bahwa infrastruktur dan transformasi TIK sangat penting bagi daya saing sebuah negara. Kenaikan investasi di bidang TIK sebesar 20% dapat berpotensi untuk meningkatkan PDB sebuah Negara sebesar 1%,” katanya.

Menurutnya, ini yang membuat Huawei selalu siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta kementerian untuk menciptakan inisiatif nasional dalam membangun Smart Nation & Tech City, transformasi siaran digital, perluasan konektivitas pita lebar, e-Commerce & pemberdayaan ekosistem Cloud, dan pengembangan bakat di bidang ICT untuk Indonesia yang lebih terhubung dan terdigitalisasi.

Solusi teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi untuk acara olahraga akan berguna untuk membantu dalam mengamati kegiatan sekitar wilayah pertandingan. Sebut saja fungsi memantau keamanan di wilayah pertandingan melalui sistem TIK, memantau transportasi di wilayah pertandingan melalui sistem pengawasan, dan pengiriman sistem secara multimedia untuk mempromosikan kolaborasi antar agensi.

Nantinya semua sistem itu bisa dikembangkan melalui Cloud Computing yang merupakan sebuah solusi yang mampu membantu para pegawai dan pelanggan untuk mengakses data berharga yang dikumpulkan sebelum, selama, dan sesudah berlangsungnya acara.

Dikatakan oleh Deputy Director of ICT Strategy & Marketing, Huawei Indonesia Mohamad Rosidi, perusahaannya meyakini akan pentingnya infrastruktur TIK yang terintegrasi untuk memastikan kelancaran sebuah acara. Dicontohkannya sistem TIK yang terintegrasi dapat mengidentifikasi gangguan secara langsung (real- time) sehingga dapat segera dilakukan tindakan pencegahan.

Di samping itu, sistem transportasi TIK yang terintegrasi juga memberikan kemudahan bagi aparat pemerintah dalam mengawasi lalu lintas di sekitar wilayah pertandingan, memberikan keamanan bagi para atlet dan tokoh penting. “Solusi ini juga dapat melakukan intervensi dalam keadaan darurat,” jelasnya. (tp)

 

Foto: Event ICT Carnival (dok)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *